350 Tahun Berjaya, Saint Gobain Siap Bangun Pabrik Semen Instan di Sumatera

post news 0001

Saint Gobain, salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi material bahan bangunan ternama di dunia, tak dirasa telah 350 tahun berdiri. Pada ulang tahun ke 350-nya itu, Saint Gobain mengumumkan rencana membangun pabrik semen instan baru di Sumatera pada tahun 2016 besok. Lagi-lagi, sebuah kabar baik untuk dunia ekonomi Indonesia.

Pada konferensi pers saat ulang tahun ke 350 kemarin, General Delegate Asia-Pasific Saint Gobain, Javier Gimeno mengungkapkan rencana besar tersebut. “Tahun depan (2016) kami berencana ekspansi ke Sumatera dengan nilai investasi sekitar 7 juta euro ( kurang lebih 103 milyar).” Sebuah angka yang tidak kecil.

Penambahan pabrik semen instan di Sumatera ini sendiri, memungkinkan semakin banyak orang Indonesia yang mendapat lapangan pekerjaan baru. Saat ini, dengan beroperasinya 7 pabrik milik Saint Gobain di Indonesia, sudah ada sekitar 1.166 penduduk Indonesia yang menjadi karyawan dari beberapa pabrik Saint Gobain.

Pabrik semen instan di Sumatera sendiri, akan dibangun melalui PT. Cipta Mortar Utama, yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Saint Gobain. Selain PT. Cipta Mortar Utama, beberapa perusahaan yang ada di bawah naungan Saint Gobain adalah Winter Diamas, Abresives Indonesia, dan Gyproc Indonesia.

Saint Gobain sendiri, adalah perusahaan manufaktur yang fokus pada produksi material bahan dan bangunan. Seperti dilansir dari Gatranews, Saint Gobain sendiri sudah menguasai pangsa pasar semen instan melalui Mortar Utama sampai 40%. Sedangkan untuk produk Abrasives mencapai 20% dari total pangsa pasar. Dan untuk produk Gypsum, Saint Gobain bersama Gyproc Indonesia berada di peringkat 3-4 dengan pangsa pasar sampai 12%.

Saint Gobain adalah perusahaan multinasional asal Prancis yang cabangnya sudah ada di seluruh dunia. Dikutip dari kompas.com, total karyawan dari Saint Gobain ada lebih dari 180.000 karyawan di seluruh dunia. Dengan detail di Asia kurang lebih sebagai berikut: 15.000 karyawan di Asia Pasific, 1.000 di China, 800 di Jepang dan Korea, 300 di Pasific, dan 3.500 di Asia Tenggara.

Bagaimana dengan Indonesia? “Indonesia menyumbang sepertiga dari karyawan keseluruhan yang ada di Asia Tenggara.”

Sumber:

http://properti.kompas.com/read/2015/11/05/080000621/Makin.Ekspansif.Saint.Gobain.Operasikan.9.Pabrik.di.Indonesia

http://www.gatra.com/ekonomi/industri/172651-saint-gobain-bangun-pabrik-semen-instan-sumatera-pada-2016

 

Facebook Comments