Ingin Menambah Kapasitas Produksi, ASUS Menambah Pabrik di Indonesia

post news 0001

ASUS, salah satu merk smartphone yang terkenal di Indonesia, dikabarkan akan menjalin kerja sama untuk melakukan proses manufakturing produknya dengan pabrik baru. Salah satu yang dikabarkan telah dilirik oleh ASUS adalah perusahaan manufakturing patungan milik PT TiPhone Mobile Indonesia (TELE) dan Arima Communications Corp (Arima). Dua perusahaan itu merupakan perusahaan manufakturing perakitan smartphone yang ada di Indonesia. Dengan kondisi ASUS menambah pabrik baru ini, diharapkan kapasitas produksinya pun akan meningkat, sehingga dapat memenuhi permintaan smartphone yang menggila di Indonesia.

Pada tahun 2014 kemarin, ASUS sudah menjual 5 juta unit smartphone Zenfonenya di Indonesia. Perkembangannya di tataran global pun diprediksi akan naik pesat tahun 2015 ini. Setidaknya, diprediksi akan ada 25 juta unit yang dapat dijual pada tahun ini. Dan pada tahun 2016 besok, potensi penjualannya secara global bisa berada di angka 30 juta! Dan ingat, angka itu diperkirakan tidak termasuk penjualan di China! Mencengangkan bukan?

Dengan penjualan gila seperti itu, tentu saja dibutuhkan sebuah pasokan stok produk yang lebih banyak. Karena itulah, kemungkinan ASUS membuka pabrik baru di Indonesia ini menjadi lebih mendekati kenyataan.

Penambahan pabrik yang memproduksi smartphone merk ASUS sendiri, diperkirakan akan memiliki kapasitas produksi sampai 300.000 perbulan. Dengan penambahan kapasitas produksi sebesar itu, diharapkan ASUS akan mampu memenuhi banjir permintaan yang akan datang dari Indonesia. Selain itu, dengan penambahan pabrik ini, diharapkan juga kualitas produk ASUS akan semakin meningkat.

Nilai investasi yang disiapkan oleh ODM (Original Design Manufacturing) dan Tiphone Mobile untuk membangun pabrik baru di Indonesia sendiri kemungkinan bisa mencapai angka 50 juta dollar. Pabrik baru ini diharapkan akan dapat mulai beroperasi pada awal tahun 2016 nanti.

Kondisi saat ini, ASUS hanya memiliki satu pabrik untuk memproduksi smartphone miliknya. Perusahaan yang memproduksi smartphone ASUS adalah PT. Sat Nusapersada TBK yang lokasi pabriknya berada di Batam. Kerja sama itu rencananya akan terus berjalan, meskipun ASUS membuka pabrik baru tahun depan.

Pabrik baru yang dibangun oleh ODM dan Tiphone ini tidak hanya akan memproduksi smartphone milik ASUS, tapi juga smartphone dari berbagai vendor luar negeri lainnya. Beberapa diantaranya adalah Sony Mobile Communications, dan LG Electronic.

Dengan dibukanya pabrik baru ini, diharapkan tenaga kerja yang ada di lingkungan sekitar akan semakin banyak terserap, dan membantu perekonomian Indonesia baik secara mikro maupun makro.

Itulah tadi berita tentang ASUS menambah pabrik di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

One thought on “Ingin Menambah Kapasitas Produksi, ASUS Menambah Pabrik di Indonesia

  1. I see, that your page needs unique and fresh content.
    I know it is hard to write content manually everyday, but there is solution for this.
    Just search in google for: servitu’s tricks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *