ERP atau Enterprise Resource Planning adalah

Enterprise Resource Planning adalah – Finishgoodasia.com

Setelah sebelumnya saya sempat membahas sekilas tentang Software ERP di postingan sebelumnya, lalu timbul beberapa pertanyaan tentang hakekat dari ERP itu sendiri. Bagaimana ERP bisa muncul? Dan mengapa ERP bisa sampai pada tahap yang “diagungkan” seperti sekarang? Dan bagaimana perkembangan ERP ke depannya? Mari kita coba bahas sekelumit di sini. Lets go!

Enterprise Resource Planning adalah…

Sebelum ERP digunakan secara masif dari tahun 90an sampai dengan sekarang, sebenarnya sudah ada system yang digunakan di dunia manufaktur terlebih dahulu. Hanya saja, sifatnya sangat khusus dan bisa dilakukan tanpa software yang rumit seperti ERP, system itu adalah MRP (Material Resource Planning).

MRP adalah cikal bakal ERP yang kita kenal sekarang. Dengan mencatat dan merencanakan Material yang ada di perusahaan, menyebabkan perusahaan dapat meraih hasil produksi yang lebih maksimal. Konsep dan systemnya yang walaupun manual tapi sangat rumit itu, kemudian diwujudkan dalam bentuk system di dalam komputer yang sekarang kita sebut dengan ERP itu.

Yang membedakan MRP dengan ERP mungkin adalah pada konteks integrasi di ERP yang gila-gilaan.

Jika MRP fokus pada material atau inventory saja, sedangkan akunting dan proses lainnya masih berjalan sendiri, maka ERP menyatukannya.

Ya, software Accounting yang berjalan sendiri. system MRP yang berdiri sendiri. Dan proses HR yang berdiri sendiri, kemudian disatukan ke dalam sebuah pencatatan yang sekarang kita sebut dengan ERP. Dan ERP adalah ejawantah dari industry 3.0

Percaya atau tidak, industry 3.0 ini sudah berusia 30 tahun. Sebuah waktu yang sebenarnya terbilang singkat, tapi cukup lama di zaman sekarang. Makanya, sekarang bermunculan lah jargon industry 4.0. Keberlanjutan dari ERP. dan itulah yang akan menjadi pintu kita untuk menjawab pertanyaan: bagaimana industri ERP ini ke depannya?

Baik, sebelum lebih jauh membahas tentang masa depan ERP, saya harus sampaikan bahwa konsep industri 4.0 adalah memanfaatkan bank data yang sudah di dapatkan dari industri 3.0, yaitu data dari ERP itu sendiri, untuk kemudian diotomatiskan (Artificial Intelligence) menjadi proses bisnis yang serba otomatis dan sangat efisien.

Lalu bagaimana dengan software ERP?

JIka kita melihat dari konsep industri 4.0, maka kita akan dapati bahwa ERP sudah tidak boleh menjadi barang mewah lagi, ERP adalah kebutuhan dasar. Dan ketika ERP sudah menjadi kebutuhan dasar, maka artinya semua perusahaan harus memilikinya. Hal ini tidak jauh berbeda dengan OS Windows di zaman dahulu. WIndows di zaman dulu adalah lambang kemewahan, tapi sekarang semua orang memiliki windows.

Artinya? Bisa jadi maksimal 5 tahun dari sekarang, ERP akan menjadi komoditi yang harganya otomatis ditekan atau bahkan gratis! Yap, sekarang pun, kita sudah melihat banyak software ERP gratis yang bahkan source codenya dibuka untuk umum kemudian dikembangkan. Seperti linux dan wordpress. Paling kita hanya donasi untuk Linux dan WordPress saja kan?

Enterprise Resource Planning adalah…

Ya, menurut saya, itulah masa depan dari industri ERP ini sendiri.

Nah, semoga penjelasan singkat tentang Enterprise Resource Planning adalah ini dapat memberikan insight baru untuk kawan-kawan pembaca yang budiman. Sekian dari saya, Stay young and awesome!

Facebook Comments

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk konsultasi, undangan acara, atau sekedar ngobrol soal bisnis, kirim saja ke surelnya: ian@runsystem.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.