International Trade Logistic: Yang Sebaiknya Anda Ketahui Tentang FOB, CNF, dan CIF

POST SCM 0007

Bisnis perdagangan internasional adalah bisnis yang besar. Transaksi yang ada di dalamnya, bisa memberikan pengaruh dalam catatan devisa negara. Tentu saja, proses pelaksanaan dan aturan yang ada di dalamnya pun tidak main-main. Itulah kenapa, penting bagi importir dan eksportir untuk mengetahui apa saja metode pembayaran pengiriman yang sering ada di Indonesia. Untuk itulah, artikel ini akan membahas mengenai pengertian FOB, CNF, dan CIF.

Dalam proses perdagangan internasional, tidak dapat dipungkiri, ada banyak sekali pihak yang terlibat. Eksportir dan importir, yang sudah pasti merupakan perusahaan besar di masing-masing negara. Selain itu, ada pihak Bea Cukai, Bank, Pelabuhan, Forwarder (kadang-kadang), dan masih banyak lagi kalau kita memasukkan institusi yang memiliki hak sertifikasi terhadap barang yang akan dikirim. Proses ekspor-impor itu melelahkan. Itulah sebabnya biasanya perusahaan memilih ekspor dan impor setiap dua bulan sekali, karena prosesnya yang ribet.

Jika dulu saya sudah pernah menceritakan tentang sistem pembayaran Letter Of Credit atau L/C yang sering digunakan oleh perusahaan untuk membayar, sekarang saya akan menceritakan sedikit tentang aturan main pembebanan biaya pengiriman dalam international trade logistic. Saya akan menceritakan sedikit tentang FOB, CNF, dan CIF.

Apa itu FOB?

FOB merupakan singkatan dari Free On Board, atau sering juga orang sebut dengan Freight On Board. Tenang, tidak perlu panik, kedua nama itu tidak ada bedanya. Jadi jangan berdebat dengan teman hanya gara-gara singkatan itu ya, hehe. (pengalaman pribadi)

Nah, maksud dari FOB sendiri adalah bahwa eksportir (penjual) hanya memiliki kewajiban untuk membayar biaya pengiriman barang sampai pada port atau pelabuhan terdekat dari gudangnya. Artinya, saat barang sudah berada di atas kapal, biayanya ditanggung oleh importir (penjual). Cukup jelas bukan?

Apa itu CNF?

CNF atau sering juga disebut dengan C&F atau sering juga disebut dengan CFR merupakan kependekan dari Cost And Freight. Artinya apa? Artinya, biaya perjalanan barang di atas kapal sampai di port atau pelabuhan terdekat si importir sudah ditanggung oleh Eksportir. Hanya saja, yang ditanggung di sini adalah biaya perjalanan barang sampai di pelabuhan saja. Begitu sampai di pelabuhan terdekat importir, akan ada biaya tambahan lain seperti asuransi terhadap barang, pajak, dan biaya-biaya lain yang mungkin harus ditanggung oleh importir untuk dapat mengeluarkan barangnya dari pelabuhan sampai gudang.

Terus, ada nggak yang biaya asuransinya ditanggung oleh eksportir? Tentu saja ada. Untuk itulah, ada sistem CIF.

Apa itu CIF?

CIF merupakan kependekan dari Cost, Insurance, and Freight. Seperti terlihat dari namanya, CIF sifatnya sama persis dengan CNF di atas, hanya saja ditambahi biaya asuransi yang sudah ditanggung oleh eksportir.

Menarik bukan? Mari kita simak ilustrasinya.

Ilustrasi FOB, CNF, dan CIF.

Perusahaan A menjual Bahan Kimia kepada Perusahaan B seharga 500 dollar perkilonya dengan klausul FOB. Artinya, perusahaan B memang hanya membeli seharga 500 dollar (dikali total kilo atau ton yang dibeli), tapi biaya transport di atas lautnya menjadi tanggung jawab perusahaan B. Ada kemungkinan perusahaan mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk benar-benar mendapatkan barang pesanannnya.

Perusahaan A menjual Bahan Kimia kepada Perusahaan B seharga 750 dollar perkilonya dengan klausul CNF. Artinya, perusahaan B memang membeli dengan harga yang lebih mahal dibanding contoh pertama tadi. Tapi biaya di atas laut sudah ditanggung oleh perusahaan A, sehingga bisa saja, total uang keluarnya bisa lebih sedikit. Tapi tetap saja perusahaan B harus mengeluarkan uang lagi untuk membayar biaya asuransi dan tetek bengek lainnya.

Perusahaan A menjual Bahan Kimia kepada Perusahaan B seharga 1000 dollar perkilonya dengan klausul CIF. Artinya, perusahaan B membeli dengan harga yang lebih mahal lagi, tapi bisa saja jatuhnya uang yang keluar sama atau bahkan lebih sedikit dibanding dua contoh yang sebelumnya. Kenapa? Karena biaya asuransi sudah ditanggung oleh Perusahaan A.

Apakah pada contoh ketiga, perusahaan B sudah mengetahui pengeluaran bersihnya hanya dari pricelist perusahaan A? Ternyata tidak. Masih ada potensi uang keluar yang mungkin keluar untuk perusahaan B. Hal itu dikarenakan ada biaya tetek bengek lainnya yang sering muncul setiap kali kita mengurus dokumen impor.

Lalu, adakah cara untuk menekan biaya tidak penting pada ekspor dan impor? Ada. Di seluruh dunia ada. Kita bisa menggunakan jasa forwarder untuk membantu kita mengurus dokumen pajak (tax), bea cukai (custom), dan lain-lainnya.

Kapan-kapan akan saya bahas tentang forwarder dan dokumen tetek-bengek di dalam impor dan eskpor itu.

Sekarang, mari kita review lagi, apa itu FOB, CNF, dan CIF:

  1. FOB: Eksportir hanya menanggung biaya pengiriman ke pelabuhan negara asal (pelabuhan terdekat eksportir)
  2. CNF: Eskportir menanggung biaya pengiriman sampai ke pelabuhan negara tujuan (pelabuhan terdekat importir) tapi tidak termasuk biaya isuransi.
  3. CIF: Eksportir menanggung biaya pengiriman sampai ke pelabuhan negara tujuan termasuk biaya asuransinya.

Jadi, sudah cukup jelas, bukan? Jika ada yang masih ingin ditanyakan, jangan ragu untuk menuliskannya di comment box.

Terima kasih!

Facebook Comments

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk konsultasi, undangan acara, atau sekedar ngobrol soal bisnis, kirim saja ke surelnya: ian@runsystem.id

56 thoughts on “International Trade Logistic: Yang Sebaiknya Anda Ketahui Tentang FOB, CNF, dan CIF

    1. Pada prinsipnya, FOB dan CIF digunakan tergantung pada masing-masing negosiasi antara perusahaan pembeli dan penjual. Hanya saja, bagi penjual, biasanya efek dari CIF adalah harga barangnya menjadi lebih mahal demi kepentingan cashflow.

      1. gan mau tanya kalo cif berarti barang tersebut sudah sampai di tempat pengiriman gudang pembeli tidak ada lagi biaya customs bea cukai dan tetek bengek , apakah bener?

          1. Saya pikir cif itu belum termasuk dengan tarif bea masuk.
            Karena dasar pengenaan perpajakan untuk PPN dan PPn BM DPPnya adalah Nilai impor dimana nilai import itu adalah CIF+Tarif bea masuk+other expense

          2. Saya pikir CIF itu belum termasuk dengan tarif bea masuk.
            Karena dasar pengenaan perpajakan untuk PPN dan PPn BM DPPnya adalah Nilai impor dimana nilai import itu adalah CIF+Tarif bea masuk+other expense menurut pemahaman saya.

  1. mantap artikelnya, terima kasih.
    Biaya FOB, CNF dan CIF sudah jelas angkanya. Selalu saja biaya yang tidak jelas adalah biaya tetek bengek, biaya inilah yang menjadi momok bagi setiap pelaku usaha ekspor impor.

  2. halo saya berencana mensupply batu bara ke salah satu PLTU swasta di indonesia, sistem kontrak kami FOB tongkang. jd PLTU sbg buyer, menjemput barang di jetty yg telah kami tentukan. dan pada saat ttd kontrak, buyer DP10%, tongkang sandar 80% dan BL/Manifest sucofindo keluar sisa 10% cair. bgm menurut bapak? terima kasih

    1. Sejauh yang terlihat dari rencana bapak, sepertinya sudah cukup menjanjikan. Hanya saja, kalau kami boleh kasih saran, pastikan kekuatan modal kerja Bapak dapat memenuhi kriteria yang ditentukan, mengingat cashflownya sangat rendah. Semoga sukses selalu. 🙂

      1. Kalau pake cif apakah biaya asuransi dan transprt barang smp port terdekat saja, biaya ppn ,tax dll siimportir yang menanggubg bgtu ya pak, mhn jawabannya. Trmksh

    2. hallo… selamat malam pak criss.
      maaf saya lancang, saya lihat di kolom komen bpk supply batu bara ke PLTU swasta.
      kemarin saya ada temen yang sedang cari untuk supply ke PLN direct dirut
      harga yg diterima merak dan paiton.

      mungkin kalau pak criss minat, bisa saya pertemukan dg beliau
      terimakasih

    1. dear bu amel jika kebutuhan jasa customs clereance saya bisa membantu untuk proses pabean termaksud biaya pajak dan lain nya hubunggi kam 081233430981

    1. wa’alaykum salam mas agung.

      Untuk handle import secara langsung jujur saya belum memiliki sertifikasi yang diperlukan mas. Yang saya lakukan selama ini cuma membantu pencatatan proses import dari perusahaan klien.

      terima kasih. 🙂

    2. hallo kami dari blueline cargo ekspedisi china-indonesia bagi agan /sista yang masih belum tau cara import dan mau dapet harga yang all in yang gak bikin ribet ngurusin pajak2 bea cukai, bisa kami bantu , bisa hub di no WA 085929993849 an nopi,kamsia

  3. Artikel ini sangat membantu bagi yang ingin belajar beli barang import ,
    Jika saya berencana beli barang di AliExpress , klausul apakah yang diterapkan AliExpress ( FOB / CNF / CIF .? )

  4. Kepada Yth,Bapak/Ibu
    Pimpinan Import,Purchasing

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.NAUFAL LINDO ASIA, Jasa Pengurusan Customs Clearance untuk barang- barang import baik Door to Door maupun Resmi/legal serta peminjaman Perusahaan/Under Name ke Indonesia.
    Kami dapat menghadle semua jenis import komodity dengan air freight atau sea freight ke Indonesia.
    Kami juga bisa mengerjakan sistim Borongan (All-In) barang-barang yang berupa :Mesin Baru/Bekas, Pompa, Besi/Baja, Pipa, Kertas, Alkes, Spare Part, Genset, Elektronics, Garment & Textile dan barang lainnya

    Rutin schedule Import consolidator Door to Door kami sebagai berikut :
    By Air Freight / Sea freight

     Singapore to Indonesia
     China to Indonesia
     Asia to Indonesia
     Taiwan to Indonesia
     Malaysia to Indonesia
     Eropa to Indonesia

    Rate yang kami tawarkan sudah termasuk ex-works rate dari origin, Freight Charges air / sea, Pajak dan bea masuk
    Di Indonesia, Sea port / air port charges di Indonesia serta delivery charges to Door penerima.

    Apabila Bapak/Ibu ada keluhan dalam kegiatan import baik yang sudah terlanjur kirim maupun belum,kami bisa menbantu dengan sepenuh nya.

    Untuk sementara yang bisa kami tawarkan penawaran resmi,sedangkan harga Door to Door baru bisa kami berikan setelah ada permintaan atau adanya data-data barang

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan semoga dapat terjalin kerjasama yang baik kami ucapkan. Terima Kasih

    ADITIA

    PT.NAUFAL LINDO ASIA
    Gedung PembinaGraha Lt,3 Room 304
    Jl.DI Panjaitan NO 45 Jakarta Timur 13350 Indonesia
    Telp : 6221-85910156 Hunting-021-21011425
    Fax :6221-21381949
    Mobile : 0812 8490 8681
    Email :aditia@naufallindoasia.com
    Web :www.naufallindoasia.com

    1. Setau saya, MOQ adalah Minimum Order Quantity atau jumlah minimum yang harus dipenuhi agar pengiriman antar negara dapat dilakukan. Saya kurang tahu, apakah quantity di sini satuan hitungnya berdasarkan jumlah pieces, berat, atau volume. Monggo jika ada yang bisa memberi pencerahan lebih tepat. Terima kasih Pak K. Harun. 🙂

      1. Assalamu’alaikum mas..,
        sy kemarin ada komunikasi sm pihak negara india tentang pengirima barang,cuma sy blim begitu mengerti
        Pihak mereka meminta sy untuk penawaran CIF atau FOB..,
        mohon sy dijelaskan ya mas,CIF itu pengiman sdh termasuk ALL/In ya mas,dalam arti kata semua biaya sdh ditanggung oleh penjual sampai pelabuhan tujuan..?????
        dan satu lagi untuk FOB ini apakah biayanya samapai diatas kapal aja atau yg lain2????
        mohon saya diberikan pengertian ya mas…,

  5. Saya kutip dari informasi diatas :

    Nah, maksud dari FOB sendiri adalah bahwa eksportir (penjual) hanya memiliki kewajiban untuk membayar biaya pengiriman barang sampai pada port atau pelabuhan terdekat dari gudangnya. Artinya, saat barang sudah berada di atas kapal, biayanya ditanggung oleh importir (penjual). Cukup jelas bukan?

    Pertanyaannya sesungguhnya yg penjual itu importir atau exportir? Atau ada salah pengetikan atau copas atau bgmn?

    Terima kasih

  6. Pak agfian, saya masih gelap dlam dunia importir brng tapi ada rencana ingin pesen mesin injeksi plastik yang 120 ton, tpi pihak eksportinya hanya mnanggung smpai FOB saja, apakah barangnya sudah termasuk dikirim ke indonesia? Atau masih di tahan pihak bea cukai china?…mohon penjelasanya jg pak?..

    1. selamat siang pak wahyu,dengan hormat perkenalkan saya aldo dari PT.sempurna jaya gemilang indonesia.perusahaan yang bergerak dibidang pengurusan pengiriman barang import,eksport.dan pengiriman barang domestik,baik antar kota dan pulau keseluruh indonesia,darat,laut,udara,baik dalam negeri maupun luar negeri kita siap menhandle semua comodty,ingin menawarka kerja sama dengan perusahaan bapak jika bapak membutuhkan kita siap bantu bapak.dan kita menyediakan jasa custosm dan under,email;aldosjgi.import@gmail.com wa;0812696522350

  7. Halo pak, misalkan pembeli mau export dr jakarta ke singapore sistem CIF, apa itu termasuk handling di singapore atau hanya sampai pelabuhan saja? Dan selanjutnya pembeli yang akan mengurus handling/local charge di singapore sendiri?

  8. Hi kak, saya ingin bertanya soal pengiriman lewat udara dan laut, semisal saya mau import dengan kuantitas banyak yang pastinya beratnya juga besar jadi sebaiknya memilih yang mana agar lebih murah? Btw ada persyaratan umur kah jika ingin melakukan exim ? Terima kasih 🙂

  9. Hai Pak ..untuk FOB , biaya customs clearance , trucking , BL dan loading container di tanggung importir .
    Note : ini untuk FOB ( Sin – JKT )

  10. Saya forwarder di jakarta ingin bekerjasama dengan importir di seluruh indonesia, saya siap membantu pengiriman bpk/ibu baik itu CIF, dan FOB.. Silahkan contak saya HP/WA 085281305155.

    1. Hallo kami dari pt blueline cargo menawarkan jasa forwarder bagi kalian yang bingung cari jasa dengan harga all in (door to door), kami lah solusinya,
      semua kami urus , barang aman, karena jasa kami memakai pelayaran yang tercepat dan di jalur resmi tj,priok, gak ada ketahan2, silahkan hubungi kami di 081296856852 (wa/wechat) an Tatu

  11. Pak, saya mau bertanya. Nilai impor itu kan CIF + bea masuk + pungutan pabean lain. Misal saya sebagai importir. Nah nilai CIF disini adalah nilai yg sudah dikeluarkan eksportir ya Pak? Dan saya masih harus bayar bea masuk dan pungutan pabean lain? Apakah CIF tidak termasuk bea masuk dan pungutan pabean lain? Dan contoh pungutan pabean lain itu apa ya Pak? Terima kasih sebelumnya.

  12. Mohon maaf sebelumnya jika email kami ini mengganggu aktifitas Bapak/Ibu.
    Dengan hormat,
    Perkenalkan kami dari SMI Logistics merupakan perusahaan Intrnational Freight Forwarder yang melayani pengiriman barang Import & Domestics dari suruluh negara Asia dan Eropa.
    Untuk import borongan undername ( ALL-IN ) kami menerima jenis barang Mesin baru/second, Tekstil, Garment, Chemicals, Alat Berat, Pompa, Besi/Baja, Alkes, Electronik, Spare Parts, Keramik dan barang –barang umum lainya.
    Produk – Produk Jasa Yang kami tawarkan sbb :
    International Sea and Air Freight Forwarders
    Jasa Inklaring, Jasa Import Borongan ( All-In ), Jasa Import Ex-work, Jasa Import FOB, Jasa Import Door To door, Jasa Import undername, Jasa Domestics
    Khusus bagi customer kami yang memakai Jasa Import borongan dari perusahaan kami maka kami tidak mebebankan biaya ke pihak pemilik barang sebelum barang keluar ( SPPB ).
    dan sebelum adanya pengiman barang antara kedua belah pihak harus bersedia membuat surat perjanjin kerja sama Import.
    Jika ada yang mau ditanyakan jangan segan-segan untuk menghubungi kami, Mobile : 0812 1275 3999 – 0818 0621 2727 ( Faisal ) / Email : faisalimport08@gmail.comfaisal.impor@gmail.com
    Demikianlah penawaran ini kami ajukan,besar harapan kami bisa kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

    Best Regards
    PT.SUDA MANDIRI INDONESIA
    Graha Emre Lt.IV Room 202A
    Jl.Raya Pondok Gede No.37, Pinang Ranti
    Jakarta Timur 13560 Indonesia
    Telp : 021-800 1161 – 021-2280 6169
    Email : info.smilogistics@gmail.com
    Web : http://www.jasaimportborongan.com

    Service kami :
    International air & sea freight,Customs Clearance, Import ex- work Dari negara asal, Import undername, Import door to door service, Import borongan (all-iin) Dan pengiriman domestics ke seluruh lndonesia

  13. Dengan Hormat,

    Perkenalkan kami dari PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA Freight Forwarder yang melayani pengiriman barang import, LCL / FCL, resmi/ legal serta peminjaman Perusahaan/ Undername ke seluruh Indonesia dan Kami mempunyai Agent-Agent di Eropa dan Asia sehingga kami bisa mengerjakan import borongan dan resmi dengan harga Ex-Work , FOB, C&F Dan CIF.

    PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA kami bisa menangani impor barang-barang sebagai berikut :
    Mesin Baru/Bekas, Alat Berat, Besi/Baja, Pumpa, Genset, Mainan, Alat Kesehatan ( ALKES ), Electronics, Spare Part, Textile, Garment, Alas kaki, Accessories, Keramik Ubin, Chemical, Makanan dan barang Cargo lainnya.

    Adapun Produk-Produk jasa yang kami tawarkan via laut dan udara Sbb :
    Customs clearance Laut & Udara
    Import Borongan ( All-In )
    Import Ex-work
    Import Under Name
    Import Door To door
    Domestics Darat

    PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA kami bisa Membantu Customer-Customer yang sudah terlanjur Mengirim barang tapi ada kendala di kepabeanan disebabkan karena legalitas Impor / lantas impor tidak lengkap dan barang tidak bisa diproses, Maka kami memberi solusi dengan sistim kerja Borongan All-In

    Wilayah Kerja Import borongan undername;
    Air Port Bandara Soekarno Hatta
    Port tanjung priok
    Port tanjung perak
    Port tanjung emas
    Port panjang
    Port Boombaru
    Port belawan

    Adapun biaya pengurusan Barang impor borongan dapat kami talangin terlebih dahulu dan setelah barang keluar dari pabean / Setelah adanya Surat Persetujuan Pengeluaran Barang ( SPPB ) baru dilakukan Pembayaran ke kami sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan,besar harapan kami bisa kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Best Regards
    BURHANUDDIN

    PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA
    Ruko Citra Mas
    Jl.Altenatif Cibubur Cilengsi Km.1,8 No.H2
    Depok Jawa Barat
    Telp : 021 – 2867 6086
    HP/WA : 0812 7973 199
    E-Mail : burhanuddin.import@gmail.com
    Email : cs@berlianlogistikgroup.com
    Web : http://www.berlianlogistikgroup.com

  14. Dengan Hormat,

    Perkenalkan kami dari PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA Freight Forwarder yang melayani pengiriman barang import, LCL / FCL, resmi/ legal serta peminjaman Perusahaan/ Undername ke seluruh Indonesia dan Kami mempunyai Agent-Agent di Eropa dan Asia sehingga kami bisa mengerjakan import borongan dan resmi dengan harga Ex-Work , FOB, C&F Dan CIF.

    PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA kami bisa menangani impor barang-barang sebagai berikut :
    Mesin Baru/Bekas, Alat Berat, Besi/Baja, Pumpa, Genset, Mainan, Alat Kesehatan ( ALKES ), Electronics, Spare Part, Textile, Garment, Alas kaki, Accessories, Keramik Ubin, Chemical, Makanan dan barang Cargo lainnya.

    Adapun Produk-Produk jasa yang kami tawarkan via laut dan udara Sbb :
    Customs clearance Laut & Udara
    Import Borongan ( All-In )
    Import Ex-work
    Import Under Name
    Import Door To door
    Domestics Darat

    PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA kami bisa Membantu Customer-Customer yang sudah terlanjur Mengirim barang tapi ada kendala di kepabeanan disebabkan karena legalitas Impor / lantas impor tidak lengkap dan barang tidak bisa diproses, Maka kami memberi solusi dengan sistim kerja Borongan All-In

    Wilayah Kerja Import borongan undername;
    Air Port Bandara Soekarno Hatta
    Port tanjung priok
    Port tanjung perak
    Port tanjung emas
    Port panjang
    Port Boombaru
    Port belawan

    Adapun biaya pengurusan Barang impor borongan dapat kami talangin terlebih dahulu dan setelah barang keluar dari pabean / Setelah adanya Surat Persetujuan Pengeluaran Barang ( SPPB ) baru dilakukan Pembayaran ke kami sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan,besar harapan kami bisa kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Best Regards
    BURHANUDDIN

    PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA
    Ruko Citra Mas
    Jl.Altenatif Cibubur Cilengsi Km.1,8 No.H2
    Depok Jawa Barat
    Telp : 021 – 2867 6086
    HP/WA : 0812 7973 199
    E-Mail : burhanuddin.import@gmail.com
    Email : cs@berlianlogistikgroup.com
    Web : http://www.berlianlogistikgroup.com

  15. PT.TIGA TIGA INDONESIA INTERNASIONAL
    Office : Gedung Regatama Room A206 Jl.Pariaman No.1B Setia Budi Jakarta Selatan

    Telp.021-22323158

    Website : http://www.importdoortodoor.com

    Emai :aziz.export.import@gmail.com

    WA/TLP : .08126529324

    Perihal : Penawaran Pengurusan Import Barang

    Kepada Yth,

    Bagian Import

    Dengan Hormat,

    Kami dari PT.Tiga Tiga Indonesia Internasional bermaksud untuk menawarkan biaya pengiriman import barang secara Door To Door dari negara China dan Singapore baik Via Udara maupun Via Laut dengan rincian biaya sebagai berikut :

    China-Jakarta Via Udara Rp.190.000,-/Kg

    Via Laut Rp.12.000. 000,-/Cbm. (Barang Umum)

    Rp.13.000.000,-/Cbm. (Barang Lartas,SNI)

    Singapore-Jakarta Via Udara Rp.140.000,- /Kg.

    Via Laut Rp.11.000 .000,-/Cbm. (Barang Umum)

    Rp.12.000.000,-/Cbm. (Barang Lartas SNI)

    Not : Kami juga melayani pengiriman import barang dari Negara lainnya.

    Demikian penawaran dari kami, Sukses mengiringi kita semua.

    Best Regards

    aziz

  16. Tolong di jawab…
    Saya pakai sistem cnf sampai pelabuhan hocimin vietnam.
    Pertanyaan saya…
    Apakah bisa sistem pembayaran nya sebelum barang saya kirim?

  17. Hallo kami dari pt blueline cargo menawarkan jasa forwarder bagi kalian yang bingung cari jasa dengan harga all in (door to door), kami lah solusinya,
    semua kami urus , barang aman, gak ada ketahan2, karena jasa kami memakai pelayaran yang tercepat dan di jalur resmi tj,priok, silahkan hubungi kami di 081296856852 (wa/wechat) an Tatu
    untuk barang umum dimulai dari 6.5 jt sudah all in (door to door)

  18. Kepada Yth,
    bapak/Ibu pimpinan perusahaan
    Up,Bagian import/purchasing

    Kami: PT.MULTI KARGO IMPOR SERVICE:
    -Air & Sea Freight Service
    -Cargo Break Bull Service
    -Ex-Work, FOB, CNF & CIF
    -Import Door to Door Service
    -Customs Clearance Import Resmi
    -Customs Clearance Export
    -Customs Clearance Import Borongan (All-In)
    -UNDER NAME (Consignee)
    -Domestics Inter
    -Island
    Mungkin ada keterkaitan dari perusahaan bpk / ibu dlm hal tersebut Bisa Hubungi langsung:
    HERMAWAN
    Mobile / WA : 0812 8015 9990
    EMAIL : hermawan.impor@gmail.com
    TLP : 021-2101 2077/8591 8605 Fax : 021-8590 5807

    Pelayanan terbaik Prioritas Kami. Ditunggu kabar baik bpk / ibu sekalian.. Terimakasih atas waktu dan kerjasamanya.
    Operational Office:

    JL.Raya Otista No. 141 Jakarta Timur 13330 INDONESIA

  19. Kepada Yth,
    Up.IMPORT DEPT/PURCHASING.
    Di Tempat,
    Perihal : jasa handling import & Door To Door/ Customs clearance

    Kami dari PT GLOBAL BARONA PERKASA yang bergerak dibidang jasa pengurusan IMPORT Door to Door by AIR & SEA / Customs clearance.

    Waktu pengiriman barang dari negara asal, proses clearance sampai tiba di tujuan terorganisasi dengan jadwal yang tepat dan efisien

    SERVICE

    1.JASA CUSTOMS IMPORT RESMI & BORONGAN,

    2.PENYEWAAN UNDERNAME/LEGALITAS IMPORT,

    3.IMPORT DOOR TO DOOR SERVICES,

    4.PENGIRIMAN INTERNATIONAL & DOMESTIC,

    Kami memberikan solusi dalam pengiriman barang import serta tanggung jawab dalam setiap pekerjaan yang diberikan.
    Not (Jika ada barang yang tertahan di BC, kita bisa untuk proses pengurusanya.)

    Kesuksesan Anda menjadi kesuksesan Kami, Solusi dari Kami semoga menjadi kepercayaan Anda.

    Salam sejahtera,
    Aidil Gbp
    PT GLOBAL BARONA PERKASA
    Phone: 021-22716626,22716636
    Fax : 021-22716636
    Hp/Wa : 081362727975
    E-mail: aidil@pt-gbp.com / aidil.gbp@gmail.com
    E-mail: info@pt-gbp.com

  20. Halo Oom, kebetulan kami bergerak pada bidang jasa Freight Forwarding Route Order Internationel
    Spesifikate kami adalah :
    Heavy Equipment Cargo Transport/Bulk Cargo/Heavy Machinery Cargo/Heavy Transformers/Mining Equipment/Industrial Waste Management Transport Overseas/Hazardous goods Transport*
    Iicense Kepabeanan :
    Hampir semua ada/ Kecuali untuk Sea Commodity, kerna cukup rumit untuk ekspor hasil laut, dgn kendala Lartas dan Karantine 4 tingkat, dsb
    Layanan:
    All-in/Consigne(Undername)/FCL-LCL/Custom Clearnce-etc
    Storage/Transport :
    Cold Storage/Reefer Container (For Refrigerate Commodity)*/Sea-Air Transport/Untuk Hazardous goods, kami biasa pakek Shipline OOC, Hazmat, dan untuk tarif kompetitif kami pakek Sinogol(Chine)*
    Ekspor :
    Kalo untuk Ekspor, Exporter wajib geser dulu unit goodsnja ke Jakarta
    Kerna registered kepabeanan kami di Jakarta*
    Impor :
    Door to door sudah termasuk Lartas, SNI, asuransi, dll
    Payment :
    FOB/exWorks Loco Gudang/Bill of Lading (B/L)*/CIF
    Non LC/Non CNF
    mungkin bila sudah kontrak minimal/12 bulan dapat dibicaraken
    Utk supplier/Exporter pemula/kecil
    Kami saranken tidak menerima LC dari importer
    kerna cukup rumit*
    Office : Jakarta
    WhatsApp : +62-812-9541-2818

  21. assalamualaikum bpk/ibu kami bergerak di bidang jasa Freight Forwarding
    PENAWARAN JASA CUSTOMS CLEARANCE IMPORT & UNDERNAME

    Kepada Yth,

    Attn : Bpk/Ibu
    Purchasing / Div.Import

    Di Tempat,

    Perkenalkan kami dari PT. CIKEAS ADIDAYA SELARAS Freight Forwarder yang melayani pengiriman barang import, LCL / FCL, resmi / legal serta peminjaman Perusahaan / Undername ke seluruh Indonesia dan Kami mempunyai Agent-Agent di Eropa dan Asia sehingga kami bisa mengerjakan import borongan dan resmi dengan harga Ex-Work , FOB, C&F Dan CIF.

    PT.CIKEAS ADIDAYA SELARAS
    kami bisa menangani impor barang-barang sabegai berikut :
    Mesin Baru/Bekas, Alat Berat, Besi/Baja, Pompa, Genset, Mainan, Alat Kesehatan ( ALKES ), Electronics, Spare Part, Textile, Garment, Alas kaki, Accessories, Keramik Ubin, Chemical, Makanan dan barang Cargo lainnya.

    Adapun Produk-Produk jasa yang kami tawarkan via laut dan udara Sbb :

    Jasa Customs clearance Laut & Udara

    Jasa Import Borongan Under Name ( All-In )

    Jasa Import Ex-work langsung

    Jasa Import Under Name

    Jasa Import Door To door service

    Jasa Domestics Darat, Laut Dan Udara

    PT.CIKEAS ADIDAYA SELARAS
    kami bisa Membantu Customer yang sudah terlanjur mengirim barang tetapi ada kendala di kepabeanan disebabkan karena legalitas Impor / lartas impor tidak lengkap dan barang tidak bisa diproses, maka kami memberi solusi dengan sistim kerja Borongan / All-In

    MUHAMMAD RYAN
    Hp : 082294257229

    Head Office :

    PT. CIKEAS ADIDAYA SELARAS
    Alamat : Jl.boulevard Raya Blok RBOK No.30 Grand Cibubur

    Country, Cikeas Udik Cimanggis Bogor – Jawa Barat. 16966
    Phone : 021 – 2295 0676
    Fax : 021 – 2295 0676
    Email : ryan.por24@gmail

  22. Salam Kenal Pak.
    jika ada kebutuhan untuk jasa import door to door borongan bisa buhubungi kami pak.
    PT GLOBAL BARONA PERKASA, International Freight Forwarder, Specialist pengiriman IMPORT DOOR TO DOOR BORONGAN by Air&Sea Freight. USA-JAKARTA, EROPA-JAKARTA, CHINA-JAKARTA, MALAYSIA-JAKARTA, SINGAPORE-JAKARTA. Kami memberikan solusi dalam pengiriman import dengan system borongan. Silakan kunjungi http://www.pt-gbp.com call MARIO 08128303956

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.