Genjot Produksi Pakan Ikan, KKP Berencana Bangun 3 Pabrik Tepung Ikan di Tahun 2016

post news 0001

Sebagai negara yang bersifat maritim dan memiliki sumber daya luar biasa di kelautan, Indonesia saat ini memang sedang mencoba untuk membangkitkan sektor tersebut. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menghilangkan ketergantungan impor terhadap pakan ikan yang selama ini terjadi. Namun, untuk bisa mewujudkan ambisi itu, diperlukan banyak syarat agar negeri ini tidak kaget dengan konsumsi pakan ikan dalam negeri. Salah satu syarat yang diperlukan adalah adanya kemampuan dari dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan yang tentu saja tidak sedikit. Untuk itulah, menurut Kementrian Kelautan dan Perikanan, diperlukan kemampuan produksi yang lebih baik untuk menghasilkan pakan ikan yang berkualitas dan berkuantitas.

Dengan pertimbangan itu, pada tahun 2016 ini, Kementrian berencana untuk membangun tiga pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi tepung ikan yang merupakan bahan dasar untuk pakan ikan.

3 pabrik manufaktur itu rencananya akan dibangun di tiga tempat yang berbeda, yaitu Kotawaringin Barat, Halmahera Selatan, dan Kendari. Untuk membangun tiga pabrik itu, tentu dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Setidaknya, ada sekitar Rp 53,9 Milyar yang sudah dianggarkan Kementrian agar rencana itu terwujud.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP R. Nilanto Perbowo. Nilanto berpendapat, bahwa peningkatan kualitas mutlak harus ada, jika Indonesia ingin mewujudkan mimpi untuk menghilangkan impor pakan ikan dari luar negeri.

“Kapasitas produksi, kita sedang coba kurangi impor tepung ikan. Produksi tepung ikan relatif cukup. Untuk ikan memerlukan kualitas lebih tinggi terutama protein yang lebih tinggi. Dalam konteks kita kurangi impor ada syarat,” ujar dia.

“Syarat tepung ikan harus bersertifikat. Untuk hentikan impor tepung ikan, oleh karena itu programnya kita tingkatkan mutu menuju tepung ikan bersertifikat,” tambah dia seperti ditulis oleh www.mongabay.co.id

Tentu saja, pembangunan pabrik tepung ikan ini selain akan memberikan angin segar bagi kebutuhan pakan ikan di Indonesia, juga akan menjadi lahan kerja baru bagi masyarakat sekitar. Apalagi dengan pengurangan (dan bahkan suatu saat akan menjadi penghapusan) impor pakan ikan, akan menjadikan pasar untuk pabrik ini tersedia dengan sendirinya.

Menarik untuk dilihat, apakah pembangunan pabrik tepung ikan ini akan bisa menjadi salah satu senjata Indonesia dalam menghadapi MEA yang sudah diberlakukan pada 1 Januari 2016 ini.

Sumber: http://www.mongabay.co.id/2016/01/09/2016-3-pabrik-tepung-ikan-baru-dibangun-kkp/

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

44 thoughts on “Genjot Produksi Pakan Ikan, KKP Berencana Bangun 3 Pabrik Tepung Ikan di Tahun 2016

  1. Normally I don’t learn article on blogs, but I wish to say that this write-up very forced me to take a look at and do so! Your writing taste has been surprised me. Thanks, very great post.

  2. I’m not sure where you are getting your info, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  3. I like the helpful information you provide in your articles. I will bookmark your blog and check again here regularly. I am quite sure I will learn many new stuff right here! Good luck for the next!

  4. Wow, marvelous blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your web site is excellent, let alone the content!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *