Kostum, Syarat Dasar Menjadi Professional di Industri Manufaktur

POST HRD 0003

Oke, baiklah. Saya paham. Trend di dunia start up sekarang ini pasti akan mengatakan, bahwa pakaian tidak menjadi poin penting dalam bekerja. Orang-orang start up pasti mendewakan suasana kerja yang santai dengan pakaian yang suka-suka. Tapi, ketika kita membicarakan tentang attitude di dalam dunia industri manufaktur, maka pakaian, atau yang sering dibilang kostum oleh bos saya, adalah sebuah faktor yang menentukan. Jadi, artikel ini akan membahas pentingnya kostum dalam dunia professional industri manufaktur. Serta saran kecil dari saya, tentang kostum seperti apa yang sebaiknya digunakan oleh seorang profesional di dunia manufaktur. Sahabat, inilah career tips dari Finish Good Asia.

Dalam dunia manufaktur, di mana level organisasi berlapis berlaku di sana. Ditambah dengan banyaknya urusan orang penting yang terlibat, membuat perilaku dan penampilan mau tak mau menjadi penting.

Tak heran, respect terhadap seseorang bisa sangat dipengaruhi dari cara dia berpakaian. Sebagai seorang junior implementer, saya terpaksa sering meeting dengan orang penting di pabrik. Nah, sebagai anak muda jomblo yang masih suka bergaya sesuai zamannya, saya seringkali memakai pakaian yang terlalu casual dan terkesan kurang ajar di hadapan para bos itu. Akibatnya, saya seringkali kena semprot dari bos saya, hehe.

Bos saya bilang, bahwa pekerjaan saya adalah tentang mendapatkan respect dari petinggi pabrik. Karena dengan adanya respect dari key person di pabrik, maka proses implementasi akan lebih mudah dijalankan. Nah, kalau penampilan saya saja sudah tidak menghormati mereka, bagaimana mungkin mereka akan menghormati saya?

Masuk akal.

Lalu bagaimana sebaiknya kita bersandang di area manufaktur demi menjaga kredibilitas kita? Berikut ada sedikit saran dari saya:

  1. Kenakan pakaian formal

Pakaian formal tidak berarti selalu harus pakai jas atau beskap. Formal di sini cukup kemeja sederhana, atau kaos polo berkerah yang berkesan formal casual.

  1. Bedakan bersikap di dalam ruangan dan di luar ruangan

Ketika di dalam ruangan, pastikan anda tidak berpenampilan lapangan. Lepas jaket dan topi anda. Jaket dan topi merupakan perlengkapan lapangan yang dalam beberapa perusahaan manufaktur merupakan perlengkapan wajib. Tapi saat masuk ke dalam ruangan dan bertemu dengan bos-bos, lepas topi, masker, dan jaket kalau sempat.

  1. Jangan lantas hilangkan style anda

Hanya karena saya bilang anda harus rapi, bukan berarti lantas anda harus selalu berdandan formal dan kaku dan tidak seperti robot yang bergerak secara seragam.

Itulah tadi sedikit hal yang dapat saya bagi dalam career tips kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan share di comment box. Terima kasih.

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *