Mengenal Barang atau Item di Dalam Manufaktur

post item 0001

Dalam bisnis manufaktur, tidak bisa tidak harus ada salah satu aspek yang kita sebut dengan barang atau item. Semua bisnis manufaktur pasti memiliki barang atau item tersebut. Tanpa terkecuali.

Apa sebenarnya barang atau item itu? Tulisan ini akan membahasnya.

Barang atau item adalah barang-barang yang ada (atau pernah ada, dan akan ada) di dalam pabrik yang mempengaruhi proses bisnis pabrik tersebut. Semua yang terlibat di dalam pabrik bisa disebut dengan item, bahkan dalam bentuk jasa sekalipun.

Barang ini sendiri jenisnya bisa bermacam-macam. Tapi pada umumnya, kategori yang sering digunakan untuk barang adalah: bahan baku (raw material), sparepart, bahan penolong, alat tulis kantor, obat-obatan, bahan pembantu, jasa, aset, barang jadi (finish good) atau dalam bahasa marketing kita sebut dengan produk, dan masih banyak lainnya. Kategorisasi ini tergantung kebijakan masing-masing pabrik.

Barang atau item ini sendiri biasanya tipenya bermacam-macam. Tipe berbeda dengan kategori. Tipe yang saya maksud di sini adalah: tipe item yang masuk dalam pencatatan stock (inventory), tipe yang masuk dalam daftar barang yang bisa dibeli (purchasing), tipe yang masuk dalam fix aset (mengalami penyusutan dan tidak langsung hilang setelah digunakan), tipe item yang bisa dijual (Sales and Marketing), dan tipe yang bisa dimasukkan dalam proses produksi langsung (production).

Pengaturan mengenai barang atau item ini sendiri sangat vital peranannya dalam proses bisnis sebuah manufaktur. Karena sejatinya, item adalah core bisnis dari sebuah pabrik. Proses bisnis pabrik sejatinya adalah memutar barang yang masuk untuk menjadi barang yang keluar dengan nilai yang lebih tinggi, tentu saja item management menjadi syarat mutlak agar pabrik bisa mendapatkan keuntungan dan menjalankan proses bisnis seperti yang diharapkan.

Sebuah pabrik sejatinya harus bisa mengkategorikan item-item yang berputar di dalam proses bisnisnya. Melelahkan memang, mengingat secara varian, mungkin ada ribuan jenis item yang harus dibedakan (murni benar-benar beda jenis, beda dimensi, dan bahkan beda kualitas jika diproduksi) dan dalam penghitungannya mungkin ada jutaan kuantitas yang harus diperhatikan. Satu varian item bisa terdiri dari harga yang berbeda, brand yang berbeda, tapi sifat pencatatannya tetap sama.

Adapun barang atau item ini biasanya membutuhkan tempat khusus untuk menyimpan. Dalam dunia manufaktur, tempat khusus itu lazimnya kita sebut dengan gudang atau warehouse.

Demikianlah artikel pengenalan singkat untuk barang atau item dari saya. Semoga bermanfaat.

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

13 thoughts on “Mengenal Barang atau Item di Dalam Manufaktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *