Mengukur Key Performance Indicator (KPI) Perusahaan dengan Aplikasi HCMS

Mengukur Key Performance Indicator (KPI) Perusahaan dengan Aplikasi HCMS – finishgoodasia.com

Seperti kita tahu, dalam mengukur kinerja perusahaan, seringkali kita kesulitan. Hal itu karena banyaknya tanggung jawab yang muncul, tumpang tindihnya pekerjaan yang dilakukan satu departemen dengan departemen yang lain, serta sibuknya level manajemen dalam mengurusi hal-hal yang bersifat teknis. Hal itu membuat proses pelacakan kinerja perusahaan, apalagi masing-masing orang, menjadi sama sekali tidak terukur. Efeknya, kita tidak bisa menjawab, apakah perusahaan kita sedang berada di jalur yang benar atau tidak.

Meskipun secara teoritis, bisa kita katakan bahwa banyak sekali tools yang tersedia untuk mengukur kinerja perusahaan, pengimplementasiannya bukanlah hal yang mudah. Seringkali, mengukur kinerja orang terasa mustahil dan tidak memungkinkan untuk dilakukan. Data yang tersebar, bisa jadi adalah salah satu alasan yang mendasarinya.

Salah satu tools yang termasyhur dan banyak dijadikan best practice adalah balance score card dan termasuk di dalamnya adalah KPI, juga seringkali mustahil untuk diimplementasikan. Kertas kerja yang begitu banyak harus disiapkan, bisa jadi nantinya akan susah disimpan, dilihat kembali, atau bahkan yang paling buruk: bisa hilang.

Untuk itulah kemudian kita memerlukan sebuah platform, atau aplikasi untuk mengelolanya. Jadi tugas kita hanyalah menyusunnya, setelah itu biarkan system yang mengerjakan sisanya. Sistem HCMS atau Human Capital Management System-lah solusinya. Solusi yang cukup pantas untuk digunakan mengukur key performance indicator di perusahaan.

HCMS merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk orang HR dalam konteks yang tidak hanya sekedar membayar gaji atau payroll, tapi juga untuk mendevelop karyawan yang ada di perusahaan. Dengan pendekatan kompetensi, baik hard skill maupun soft skill, akan memudahkan perusahaan dalam memetakan kemampuan karyawan. Selain itu, juga memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengontrol performa masing-masing karyawan dengan performance management system yang ada di dalam fitur HCMS itu sendiri. Dengan adanya fitur-fitur itu, akan memungkinkan bagi perusahaan untuk memetakan secara holistik, perkembangan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan itu sendiri.

Banyak sekali penyedia HCMS yang ada di dunia. Mulai dari SAP, Oracle, dan banyak lagi lainnya. Memang system yang mengatur sumber daya manusia sangat diperlukan oleh perusahaan. Nah, menariknya di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada aplikasi sejenis yang dikembangkan oleh orang Indonesia dan full dipersembahkan untuk Indonesia. Aplikasi tersebut adalah Run iProbe.

Run Iprobe sendiri menjanjikan fleksibilitas yang tinggi untuk digunakan di perusahaan Indonesia yang memiliki kebijakan unik dan bermuatan lokal. Hal tersebut menjadikan Run iProbe sebagai salah satu pilihan aplikasi HCMS yang handal untuk digunakan di Indonesia.

Anda tertarik untuk meningkatkan, dan mengukur key performance indicator karyawan di perusahaan anda?

Facebook Comments

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk konsultasi, undangan acara, atau sekedar ngobrol soal bisnis, kirim saja ke surelnya: ian@runsystem.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.