Mungkinkah Apple Membangun Pabrik di Indonesia?

post news 0001

Seperti kita ketahui bersama, Apple adalah perusahaan besar asal silicon valley yang merupakan salah satu brand paling mewah di dunia. Salah satu kelakar yang sering muncul adalah: apapun barangmu, asal ada logo apel bekas gigitan di situ, akan menjadi lebih mahal. Sebuah brand yang melambangkan kedigdayaan. Dan yang menjadi pertanyaan besar di Indonesia saat ini adalah: mungkinkah Apple membangun pabrik (manufaktur) di Indonesia?

Seperti diberitakan oleh CNN Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudi Antara membuka kemungkinan itu. Beliau baru saja menggelar pertemuan dengan pihak Apple.inc dan ada kecenderungan Apple ingin membuka investasi di Indonesia. Artinya, walaupun masih sangat kecil dan belum ada pembicaraan yang benar-benar serius, kemungkinan itu tetap ada.

Pelaku industri teknologi yang menjadi market leader memang sering melakukan strategi manufacturing yang menekankan pada efisiensi jalur distribusi dengan membuka pabrik di berbagai belahan dunia. Apple yang berpusat di Amerika, memiliki pabrik di Tiongkok untuk pembuatan hardwarenya. Beberapa perusahaan besar lainnya seperti Samsung juga memiliki pabrik di Vietnam yang nantinya hasil produksinya akan dikirim ke berbagai daerah ASEAN. Tidak terkecuali Indonesia. Karenanya, bukan hal yang aneh jika sekarang Apple ingin membuka pabrik di Indonesia, meskipun bukan langsung berupa pabrik hardware melainkan pabrik software terlebih dahulu.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh Apple adalah terkait dengan Road Map Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia. Sesuatu yang menurut Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Surya Wirawan telah dimiliki oleh Pemerintah. Sebuah kabar bagus tentunya untuk Indonesia.

Pada akhirnya, meskipun kemungkinannya masih kecil, Apple masih bisa membangun pabrik di Indonesia. Tentu saja selama Pemerintah menyediakan kebutuhan dari raksasa teknologi itu. “Nah, sekarang bagaimana kita bisa memenangkan itu, jangan hanya jadi pasar saja,” tutup Rudi Antara.

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151014095133-185-84860/apple-berencana-bangun-pabrik-di-indonesia/

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

5 thoughts on “Mungkinkah Apple Membangun Pabrik di Indonesia?

  1. I was suggested this blog by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my problem. You are wonderful! Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *