Pengertian, Fungsi, dan Harga Besi Siku

post item 0006

Dalam dunia industri bangunan, salah satu material yang cukup penting untuk dipahami adalah besi siku. Mengapa? Karena besi siku merupakan salah satu alat yang cukup vital dalam bahan bangunan. Bentuknya yang sudah terukur juga menjadi penyangga yang cukup bisa diandalkan untuk membuat bangunan perusahaan anda dapat bertahan lama. Tentunya, investasi yang tepat pada bisnis akan membuat keuntungan perusahaan anda semakin besar dalam jangka waktu yang semakin lama pula. Karena itulah, artikel ini akan membahas tentang pengertian, fungsi, dan harga Besi Siku.

Pengertian Besi Siku

Besi siku terdiri dari dua kata. Secara harafiah, besi berarti logam yg keras dan kuat serta banyak sekali gunanya. Sedang siku berarti sudut yg terjadi dr pertemuan dua garis yg tegak lurus satu sama lain. Ya, jadi secara harafiah bisa kita artikan bahwa besi siku sendiri berarti logam yang berbentuk dua garis tegak lurus (sudut 90 derajat). Dalam dunia bangunan, besi siku ini lazimnya diproduksi dengan panjang yang sama, yaitu 6m. Bentuknya juga mirip segitiga siku-siku, hanya saja, tidak menutup di satu sisinya. Atau bisa juga kita lihat seperti huruf V. Untuk lebih jelasnya, kita lihat saja gambar di bawah ini:

Sekarang, setelah mengetahui apa itu sebenarnya besi siku dan bagaimana bentuknya, saya pikir sudah tidak terlalu susah untuk mengira-ngira apa fungsi dari besi siku bukan? Oke, mari kita melangkah ke pembahasan berikutnya.

Fungsi Besi Siku

Seperti terlihat dari bentuk dan pengertiannya, fungsi besi siku tidak terlalu sulit untuk ditebak. Besi siku berfungsi untuk membuat rak besi, tower air, kerangka tangga, hingga rangka pintu. Sejujurnya, kalau saya sebutkan macam-macam bentuk bangunan yang bisa dibuat menggunakan besi siku, mungkin anda akan kecapekan untuk sekedar scroll ke bawah halaman ini. Hehe.

Banyak alasan yang membuat besi siku memiliki klasifikasi untuk menjadi material dasar dari bangunan-bangunan itu. Salah satunya (dan mungkin yang paling utama) adalah karena besi siku memiliki ketahanan yang kuat, serta kokoh. Secara, bentuknya sudah dibuat berdasarkan perhitungan yang teliti dari pihak manufaktur yang memproduksinya.

Bentuk siku 90 derajat sudah sejak lama terbukti secara ilmiah memiliki konstuksi yang kuat. Sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi kualitas kekokohan dari besi siku ini sendiri. Setidaknya secara umum. Secara khusus, ya itu tergantung dari vendor mana yang anda pilih untuk dibeli (dan anda mintai utang tentu saja).

Oke, terkait hal tersebut, mari kita lihat berapa kisaran harga dari besi siku yang ada di pasaran saat ini.

Harga Besi Siku

Banyak harga besi siku yang bisa anda lihat di internet saat ini. Tentu saja, jika anda melihatnya dengan teliti, anda akan melihat harga yang ditampilkan berbeda. Mengapa? Karena harga yang ditampilkan untuk anda hanylah pricelist yang bisa berubah-ubah sesuai kesepakatan dari pihak konsumen dan pihak vendor.

Tentu saja, di halaman ini anda tidak akan melihat pricelist semacam itu. Untuk apa menambah sesak informasi yang sudah anda dapatkan dari tempat lain dengan informasi yang sama, bukan? Jadi, di halaman ini saya akan memberi sesuatu yang jauh lebih buruk: kisaran harga dari transaksi besi siku yang sudah terjadi di tahun 2015. Tentu saja, namanya kisaran, saya tidak akan menampilkan harga pastinya. Yang bisa saya lakukan hanyalah: memberi gambaran berapa uang yang harus anda keluarkan untuk membeli besi siku yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jadi, dari data yang saya miliki, besi siku ukuran 3×3 umumnya hanya dibutuhkan tidak terlalu banyak. Karena ukurannya memang bukan ukuran utama. Biasanya, 10-20 item saja sudah cukup untuk membelinya. Kisaran harga dari besi siku 3×3 adalah sekitar 40-50 ribu rupiah. Sedang besi siku ukuran 4×4, karena ukurannya cukup standar, mungkin anda akan membutuhkan 100 item. Kisaran harga dari besi siku 4×4 kurang lebih 80-130 ribuan. Nah, untuk besi siku ukuran 5×5, biasanya anda mungkin akan membutuhkan sekitar 20-30 item saja. Harganya berkisar antara 140 sampai 200 ribu. Jadi jika ditotal, mungkin anda akan membutuhkan sekitar 20 jutaan untuk kebutuhan besi siku anda.

Tentu saja, hitung-hitungan di atas adalah hitung-hitungan super kasar yang tidak bisa menjadi patokan. Tapi saya harap, dari situ anda dapat membuat rengrengan kebutuhan anda sendiri. Sayangnya, untuk membeli besi siku, biasanya pilihan Term Of Payment yang tersedia adalah CBD (Cash Before Delivery), dan kalaupun ada yang mau diutangi, paling mentok adalah term of payment 15 hari. Artinya, anda harus siap cashflow perusahaan anda terganggu gara-gara membeli besi siku ini.

Oh iya, untuk mendapatkan pricelist dan atau bahkan quotation yang lengkap, langsung saja hubungi vendor produk stainless steel yang terkenal di Indonesia.

Demikian sedikit artikel dari saya tentang besi siku. Semoga dapat memberikan informasi tambahan untuk anda. Terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

7 thoughts on “Pengertian, Fungsi, dan Harga Besi Siku

  1. This is the right website for everyone who wishes to find out about this topic. You realize a whole lot its almost hard to argue with you (not that I really will need to…HaHa). You certainly put a fresh spin on a subject which has been discussed for many years. Great stuff, just great!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *