Perang Mata Uang Negara Ekspor

post news 0001

Kurs mata uang sedang menjadi perbincangan hangat di Indonesia saat ini. Lonjakan kurs dollar pada bulan september kemarin telah membuat perbincangan tentang kurs menjadi menarik untuk diikuti. Sekarang, dengan kondisi perekonomian yang semakin ‘unik’ menjadikan obrolan sore tentang mata uang antarnegara menjadi lebih menarik. Apa saja?Sebagai informasi awal, perlu diketahui bahwa dalam satu hari ini saja, hanya dalam hitungan jam, kurs Indonesia sudah naik turun dengan lincahnya. Pada pagi hari, perbandingan rupiah pada dollar ada pada angka 13.771. Eh, siangnya sudah berubah menjadi 13.490. Kejutan tidak berhenti sampai di situ, karena setelah itu, Dollar naik lagi menjadi 13.584 (22/10/2015).

Wow, bukan? Pergerakan Rupiah lincah, tapi juga mengkhawatirkan.

Salah satu alasan mengapa kurs bisa terombang-ambing tidak menentu seperti ini adalah karena adanya perang mata uang di dunia internasional. Seperti kita tahu, beberapa negara ekspor berupaya keras untuk menurunkan nilai mata uangnya. Tujuannya tentu saja jelas, agar produk ekspor mereka bisa bersaing di pasar.

Amerika, China, dan Jepang melakukannya. Bahkan Jepang sampai sengaja mencetak uang dalam jumlah (quantity) yang besar sehingga nilainya terus melemah.

Mata uang Indonesia juga melemah. Tapi perlu diketahui, meskipun rupiah melemah, bukan berarti ekspor Indonesia lantas menggembirakan. Belum ada kabar baik dari APBN. Kebanyakan barang yang diimpor di Indonesia bukanlah bahan baku industri (khususnya manufaktur). Sebaliknya, kebanyakan barang yang diekspor di Indonesia adalah bahan baku produksi untuk negara lain. Kerugian? Tentu saja.

Dan tentu saja, menarik untuk disimak bagaimana kelanjutan cerita perekonomian dunia saat ini. Perang mata uang Negara Ekspor menjadi sebuah kisah yang harus diikuti. Jangan lihat prediksi dari para ahli ekonomi, takutnya nanti kita jadi stress. 🙂

sumber:

http://finance.detik.com/read/2015/10/22/140952/3050764/6/lincahnya-rupiah-dolar-as-dari-rp-13700-an-turun-ke-rp-13400-an?f991104topnews

http://finance.detik.com/read/2015/08/20/104000/2996332/6/dunia-diguncang-perang-mata-uang-apa-itu

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

2 thoughts on “Perang Mata Uang Negara Ekspor

  1. This is very interesting, You are a very skilled blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your great post. Also, I’ve shared your website in my social networks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *