Perbedaan Logistic Management dan Supply Chain Management

Perbedaan Logistic Management dan Supply Chain Management – Finishgoodasia.com

post scm 0001

Sering dalam obrolan sehari-hari, kita menyebutkan tentang logistik dan rantai pasokan. Karena memang, dalam dunia bisnis, utamanya sekali perusahaan jenis barang, jalur distribusi adalah salah satu kunci menuju kesuksesan. Bahkan, dalam beberapa obrolan dengan praktisi dan akademisi, saya sering mendapatkan wejangan sederhana: pegang jalur distribusinya, maka kamu akan menjadi pihak yang paling mendapatkan keuntungan.

Apakah benar? Hal ini masih bisa diperdebatkan. Tapi satu hal yang saya yakin kita semua sepakat: distribusi memegang peranan penting dalam bisnis.

Nah, sialnya beberapa orang seringkali menganggap bahwa Logistic Management dan Supply Chain Management adalah istilah yang sama. Adalah jenis management yang sama. Adalah satu entitas yang penyebutannya dibedakan. Padahal hal tersebut sama sekali salah. Logistic Management dan Supply Chain Management adalah dua hal yang berbeda. Tidak terlalu berbeda, tapi tetap saja berbeda. Salah membedakan dua prinsip ini, bisa membuat anda membayar mahal untuk kelangsungan usaha anda.

Apa yang membuat dua hal ini berbeda? Artikel ini akan mencoba menjawabnya. Sahabat, inilah perbedaan antara Logistick Management dan Supply Chain Management.

Untuk menerangkan perbedaannya, saya akan mencoba menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu logistic management dan apa itu supply chain management. Klasik. Untuk membedakan satu dengan yang lain, kita harus memahami dulu masing-masingnya.

Oke, kita mulai dengan pengertian dari Logistic Management.

Pengertian Logistic Management

Managemen Logistik pada awalnya merupakan cabang ilmu kemiliteran yang digunakan untuk persiapan, pemeliharaan, pengangkutan material personil, dan fasilitas militer, sedangkan pada konteks bisnis, organisasi profesional logistik The Council of Logistics Management (CLM) yang dibentuk tahun 1962, beranggotakan 15.000 organisasi. Logistik didefinisikan sebagai berikut.

Logistik merupakan bagian dari proses rantai suplai yang berfungsi merencanakan, melaksanakan, mengontrol secara efektif, efisien proses pengadaan, pengelolaan penyimpanan barang, pelayanan, dan informasi mulai dari titik awal (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen.

Baiklah, sampai di situ dulu. Selanjutnya mari kita membahas tentang pengertian dari Supply Chain Management.

Pengertian Supply Chain Management

Manajemen rantai pasokan, menurut Heizer dan Rander, merupakan kegiatan pengelolaan kegiatan-kegiatan dalam rangka memperoleh bahan mentah tersebut menjadi barang dalam proses atau barang setengah jadi dan barang jadi kemudian mengirimkan produk tersebut kepada konsumen melalui sistem distribusi. Kegiatan-kegiatan ini mencakup fungsi pembelian tradisional ditambah kegiatan penting lainnya yang berhubungan antara pemasok dengan distributor.

Oke, jadi dari dua pengertian dua entitas tersebut, apakah kita bisa sudah bisa mendapatkan gambaran tentang perbedaannya? Baiklah, jika Perbedaan Logistic Management dan Supply Chain Management masih kurang jelas, akan saya coba jelaskan di sub judul berikutnya:

Perbedaan Logistic Management dan Supply Chain Management

Managemen logistik mengutamakan pengelolaan, termasuk arus barang dalam perusahaan. Orientasi pada perencanaan dan kerangka kerja yang menghasilkan rencana tunggal arus barang dan informasi perusahaan. Sedangkan Supply Chain Management, mengutamakan arus barang antar perusahaan, mulai dari awal kegiatan sampai produk akhir, sedangkan orientasinya atas dasar kerja sama dan mengusahakan hubungan serta kordinasi antar proses dari perusahaan mitra guna menunjang kegiatan proses samapai ke tangan konsumen.

Yap, demikian kira-kira yang dapat saya sampaikan tentang Perbedaan Logistic Management dan Supply Chain Management. Jika ada yang kurang jelas atau tidak sependapat, bolehlah pemikirannya di-share di comment box, supaya ada diskusi yang terjalin juga. Terimakasih atas perhatiannya dan selamat bermalam senin. 🙂

Sumber: Buku “Aplikasi Supply Chain Management dalam Dunia Bisnis” karangan Yolanda M. Siagian, penerbit Grasindo tahun 2005.

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *