Perbedaan Sales dan Marketing

Perbedaan sales dan marketing – finishgoodasia.com

Sales adalah marketing, dan marketing adalah sales. Begitu bukan? Setidaknya itulah yang sering terjadi. Sebuah perusahaan hampir pasti memiliki satu department sales dan marketing. Hampir tidak pernah ada perusahaan yang memiliki dua departemen sekaligus: sales sendiri dan marketing sendiri.

Kenyataan itu tentu saja menjadikan kebanyakan dari kita akan berpikir bahwa sales dan marketing adalah hal yang sama. Bukan begitu?

Membicarakan sales dan marketing tidak jauh berbeda dengan akuntansi dan keuangan. Keduanya mirip dan sering dianggap sama oleh orang awam. Bedanya, akuntansi dan keuangan di sebagian perusahaan masih dibedakan, karena memang bagi orang yang tidak awam, perbedaan keduanya jelas. Sedangkan sales dan marketing, sangat juarang sekali terpisah dalam dua departemen yang berbeda. Bahkan, ada perusahaan yang menyatukan fungsk AR di departemen sales dan marketing itu sendiri! Wow!

Tapi nyatanya, ada perbedaan mendasar yang membedakan antara sales dan marketing itu sendiri. Nah, artikel ini akan mencoba membahas hal tersebut. Jadi, mari kita mulai yap!

Perbedaan sales dan marketing

Untuk dapat memahami perbedaan antara keduanya, ada baiknya kita menelaah dulu sedikit tentang pengertian dan fungsinya masing-masing, sehingga biasanya nanti perbedaannya pun akan terkuak dengan sendirinya.

Jadi, mana yang mau dibahas dulu nih, sales apa marketing? Hehe.

Kita mulai dari marketing dulu aja kali yak?

Marketing, seperti yang mungkin sudah sering kita pahami, sifatnya lebih mengarah ke proses promosi produknya perusahaan. Jadi proses dari calon konsumen menjadi konsumen, sebagian besar ada tanggung jawabnya pada bagian marketing ini.

Dari konsumen tidak tahu ada produk kemudian jadi tahu ada produk kita, hingga akhirnya konsumen memutuskan untuk membeli produk kita, kebanyakan adalah proses yang ada di marketing.

Nah, kalau di sales, bisa dibilang adalah proses after dari marketing tadi. Jadi pelayanan kepada konsumen, memastikan produk kita terdeliver ke konsumen dengan tepat, dan lain-lain. Mulai dari packaging, konfirmasi pengiriman, -dan di beberapa perusahaan- juga sampai pada memastikan uang pembayaran sudah masuk.

Jadi, dari penjelasan di atas, harapannya sudah terlihat, bahwa proses sales dan marketing itu sejatinya berbeda. Kompetensinya pun, untuk person yang melakukan juga bisa berbeda. Meskipub, seringnya ditaruh di satu departemen yang sama.

Yap, kurang lebib itulah yang dapat kami sampaikan tentang perbedaan sales dan marketing. Semoga dapat membantu sahabat untuk menentukan strategi di perusahaan.

Selamat berakhir pekan!

Facebook Comments

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk konsultasi, undangan acara, atau sekedar ngobrol soal bisnis, kirim saja ke surelnya: ian@runsystem.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.