Sekilas Mengenai Plat Eser / Baja Plat Hitam / Base Plate

POST ITEM 0005

Flashnews, ketika anda membaca artikel ini, saya berasumsi anda sedang mencari pengertian dari plat eser / baja plat hitam / base plate, atau bisa juga anda sedang mencari fungsi dari plat eser / baja plat hitam / base plate. Mungkin juga anda sedang ingin tahu harga plat eser / baja plat hitam / base plate untuk kebutuhan pribadi atau perusahaan anda? Hehe, saya bukannya cenayang, saya hanya percaya, bahwa artikel mengenai plat eser tidak akan menarik untuk dibaca oleh Ibu-ibu yang sedang mencari tahu kabar terbaru dari Aurel, atau oleh mahasiswa baru yang sedang mencari cara agar bisa dapat pacar dengan modal minim. Tidak. Artikel mengenai plat eser yang menarik adalah tentang barang itu sendiri, apa fungsinya, dan bagaimana harganya di pasaran.

Karena itulah, artikel ini akan membahas mengenai pengertian plat eser, fungsi dari plat eser, dan tentu saja harga dari plat eser itu sendiri.

Mari kita mulai pembahasan sederhana dari saya. 🙂

Pengertian Plat Eser

Sejujurnya, kata plat eser adalah kata yang salah kaprah dalam bahasa Indonesia. Kata plat sebenarnya bukanlah kata baku. Sejatinya, dalam bahasa Indonesia yang termasyhur ini, kata yang benar adalah pelat. Tapi okelah, kita mengalah pada masyarakat dan kebiasaan umum. Kata plat akan kita gunakan. Plat artinya adalah besi yang berbentuk pipih (datar). Sedangkan plat eser sendiri berarti  lembaran besi plat yang permukaannya rata. Jadi, secara garis besar kita bisa bilang bentuknya adalah kotak, mirip triplek. Untuk lebih mudahnya lagi, bayangkan saja plat eser itu seperti triplek tapi bentuknya besi, bukan kayu. Gitu aja lebih gampang kan?

Oke deh, kalau masih terkesan abu-abu, coba aja lihat gambar di bawah ini:

harga besi plat acer, plat eser
sumber gambar: moneydinheirovivo.blogspot.co.id

Fungsi Plat Eser

Nah, untuk fungsi dari plat eser sendiri sebenarnya cukup simpel. Tapi ya gitu, salah-salah bisa bikin konstruksi bangunan kita rubuh. Untuk fungsinya sendiri, sebenarnya cukup searah dengan nama item ini sendiri, yaitu plat eser. Jadi, fungsi dari plat eser adalah sebagai plat penyambung struktur konstruksi profil.

Fungsi ini cukup esensial, sehingga dalam memilih plat eser, saya sarankan sahabat membeli dengan harga yang masih dapat ditoleransi terutama untuk kualitasnya. Yaa, seperti kita tahulah, ana rega ana rupa, ada harga, ada kualitas. Jangan buru-buru tergiur pada harga yang murah. Karena itu, mari sekarang kita bahas tentang harga plat eser.

HARGA PLAT ESER

Sebenarnya saya agak tidak enak untuk membahas mengenai harga ini. Mengapa? Karena dalam pembelian item-item bangunan seperti ini, harga sangat mungkin berubah, dan bahkan quotation dari masing-masing Vendor pun bisa berubah-ubah. Karena itu, saya tidak mau menjamin bahwa harga yang saya sebutkan di sini akan selalu tepat 100%. Karena itu, saya lebih senang, menyebutnya sebagai Harga plat eser pada pertengahan tahun 2015. Hehe.

Harganya sendiri tidak akan saya sebutkan secara gamblang. Saya lebih senang menyebutnya sebagai kisaran harga plat eser. Maafkan. Tapi satu hal yang saya yakini, informasi ini bisa memberikan anda persiapan: berapa uang yang harus saya siapkan untuk kebutuhan plat eser saya?

Ya, kurang lebih seperti itu.

Oke, tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas mengenai harga dari plat eser. Harga plat eser dari ketebalan 15mm sampai 2mm adalah sekitar 250ribuan sampai dengan 390ribuan per lembarnya. Lumayan mahal? Memang. Tapi worth it kok. J

Jika ingin mencari harga yang lebih detail, saran saya silahkan hubungi berbagai vendor plat eser yang tersedia di Indonesia.

Demikianlah, sedikit pembahasan saya mengenai plat eser. Semoga bermanfaat. Kalau masih ada yang tidak jelas, bolehlah ditanyakan di comment box. Terimakasih sudah membaca!

 

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

One thought on “Sekilas Mengenai Plat Eser / Baja Plat Hitam / Base Plate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *