Sekilas Tentang Perseroan Terbatas atau PT

post hrd 0004

Ketika membicarakan industri manufaktur, pasti kita tidak bisa melepaskan dari istilah PT, CV, UD, dan berbagai jenis badan usaha lainnya. Memang, mau tak mau, karena perusahaan manufaktur pasti adalah perusahaan besar dengan omzet yang cukup besar, harus ada ketentuan hukum yang melindungi usaha itu secara jelas. Sebuah perusahaan manufaktur harus memiliki izin yang jelas dalam proses bisnisnya. Itulah mengapa tidak mungkin ada pabrik narkoba yang legal di Indonesia.

Pada artikel kali ini, saya akan sedikit membahas tentang Perseroan Terbatas atau PT yang lazimnya menjadi jenis badan usaha paling sering pada industri manufaktur. Terutama industri manufaktur besar dengan omzet ratusan juta, ratusan milyar, bahkan trilyunan setiap tahunnya.

Lalu apa itu PT?

Karena PT adalah sebuah jenis badan usaha yang dijamin oleh Hukum, tentu saya harus menggunakan sumber yang valid untuk menjawab apa itu PT sebenarnya.

Sumber yang akan saya gunakan adalah Undang-undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Pada Undang-undang itu disebutkan bahwa PT adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang serta peraturan pelaksanaannya.

Dalam ilustrasi singkat, kita bersama rekan kita (minimal harus ada 2 orang) mendirikan sebuah PT. Di situ kita harus dengan jelas membagi modal (minimal 50 juta) dari masing-masing orang. Semuanya harus dibuat dengan perjanjian sah yang ditetapkan oleh notaris dan harus ada surat keputusan dar Menteri yang menjadikan PT kita menjadi sah. Selanjutnya, masing-masing dari pendiri harus menjadi direksi dan komisaris. Dua pos itu harus selalu terisi. Apa itu direksi dan komisaris? Baca keterangan di bawah ini.

Organ PT

Ketika membicarakan PT, minimal harus ada tiga organ ini dalam rangka pengambilan keputusan:

  1. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Dijelaskan dalam UU No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Rapat Umum Pemegang Saham adalah pemegang keputusan tertinggi di dalam sebuah PT. RUPS memiliki kekuatan hukum yang tidak dimiliki oleh Direksi maupun Komisaris. Adapun batas-batasnya biasanya ditentukan lewat Anggaran Dasar PT ataupun oleh UU No.40 Tahun 2007 sendiri.

  1. Direksi

Direksi adalah orang yang bertanggung jawab penuh terhadap aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Baik itu di dalam maupun luar pengadilan. Direksi adalah orang yang memiliki wewenang secara langsung dalam keputusan-keputusan teknikal bahkan strategis demi semakin majunya PT. Adapun batas-batas dari kewenangan Direksi ini diatur dalam Anggaran Dasar dan UU No.40 tahun 2007.

  1. Dewan Komisaris

Dewan Komisaris secara struktural memiliki kewenangan untuk menasehati direksi dan memberikan arahan yang sesuai dengan kemajuan PT. Tapi secara kewenangan pula, komisaris tidak memiliki hak untuk melakukan eksekusi langsung terhadap kebijakan-kebijakan yang ada di PT. Mirip seperti penasehat kerajaan di zaman Monarki.

Salah satu highlight penting dari PT adalah, pemilik (Direksi maupun Komisaris) tidak memiliki tanggung jawab dalam harta pribadinya terhadap PT. Artinya, mereka hanya bertanggung jawab sesuai dengan nilai saham yang sudah dikeluarkan saja. Jika ada masalah di PT, harta pribadi Direksi dan Komisaris tidak bisa diikut sertakan dalam proses itu.

Hanya saja, poin itu bisa saja tidak berlaku apabila:

  1. Persyaratan PT sebagai Badan Hukum tidak atau belum terpenuhi
  2. Pemegang saham yang bersangkutan baik langsung maupun tidak langsung beritikad buruk memanfaatkan PT untuk kepentingan pribadi
  3. Pemegang saham yang bersangkutan terlibat dalam perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh PT
  4. Pemegang saham yang bersangkutan baik langsung maupun tidak langsung secara melawan hukum menggunakan kekayaan PT, yang mengakibatkan kekayaan PT menjadi tidak cukup untuk melunasi utang

Itulah tadi sekilas mengenai PT. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, sampaikan saja melalui comment box.

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *