Tentang Quotation (Definisi, Fungsi, dan Jenis Quotation) Dalam Industri Manufaktur

post scm 0005

Quotation merupakan istilah yang sering digunakan di dalam manufaktur. Biasanya, kata ini akan banyak digunakan oleh orang purchasing dan orang sales. Karenanya, merupakan syarat wajib, fardhu ‘ain bagi orang manufaktur untuk memahami istilah quotation dalam tatanan global. Karena kalau sampai tidak tahu, bisa-bisa dihajar oleh bos nanti, hehe. Untuk itulah, artikel ini akan membahas tentang quotation (definisi, fungsi, dan jenis quotation) dalam industri manufaktur.

Definisi Quotation

Quotation sendiri berasal dari bahasa Inggris. Artinya cari sendiri lah ya di kamus bahasa Inggris. Secara prinsip, quotation adalah kontrak kesepahaman harga antara pembeli dan penjual. Fungsinya bisa dibolak-balik sesuai posisi dari perusahaan.

Jadi, ketika kita menyebut quotation, maka di dalamnya akan terdapat jenis barang yang akan diperdagangkan beserta harganya. Nah, harga di sini menjadi poin penting dalam sebuah quotation. Karena harga yang tertera di quotation pada dasarnya adalah harga yang berlaku untuk transaksi yang akan dilakukan.

Namun tidak hanya sampai di sana. Biasanya quotation selain menunjukkan harga, juga akan meliputi cara pembayaran (term of payment) yang harus dilakukan. Term of payment ini sendiri bisa bermacam-macam, bisa cash on delivery (pembayaran dilakukan bersamaan dengan barang datang atau langsung dibayar saat itu juga), cash before delivery (pembayaran dilakukan sebelum barang dikirim), TOP 15, 30, bahkan 60 hari (pembayaran dilakukan saat jatuh tempo, tergantung berapa hari jatuh temponya), dan masih banyak lainnya.

Selain harga dan term of payment, quotation juga dapat meliputi periode berlakunya quotation tersebut. Mengapa harus ada? Agar jelas, sampai kapan pembeli bisa memperhitungkan pengeluaran mereka dengan harga itu sampai periode yang ditentukan. Juga supaya penjual terlindungi, jika sewaktu-waktu harus menaikkan harga karena berbagai faktor, seperti bahan baku naik, pengiriman menjadi lebih sulit, dan sebagainya.

Selain harga, term of payment, dan periode berlakunya, quotation juga bisa meliputi minimal order. Minimal order ini sangat diperlukan, agar kebutuhan dari penjual dapat terpenuhi. Selain itu, biasanya minimal order akan berimplikasi pada turunnya harga satuan, yang tentu saja menguntungkan pembeli.

Fungsi Quotation

Seperti terlihat jelas dari definisi quotation di atas, fungsi dari quotation pun tidak jauh-jauh amat dari situ.

Quotation dalam industri manufaktur berfungsi untuk melindungi kesepakatan antara kedua belah pihak, sehingga kontrak pembelian menjadi lebih jelas dan dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjaga cashflow.

Jenis Quotation

Sesuai perannya dalam masing-masing transaksi, jenis quotation dibagi ke dalam dua buah jenis: Vendor’s Quotation dan Customer’s Quotation.

Vendor’s Quotation

Vendor’s quotation artinya daftar harga deal (kontrak) yang ada untuk perusahaan manufaktur kita terhadap vendor. Jadi, saat kita membeli barang, yang kita dapatkan adalah Vendor’s Quotation.

Customer’s Quotation

Customer’s Quotation artinya daftar harga deal (kontrak) yang ada untuk perusahaan manufaktur kita terhadap customer. Jadi, saat kita menjual barang, yang kita keluarkan adalah customer’s quotation.

Itulah tadi sedikit hal mengenai quotation, semoga bermanfaat. Jika ada yang masih bingung, bisa ditanyakan di comment box. 🙂

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *