Tentang Software ERP (Enterprise Resource Planning)

post erp 0001

Dalam dunia manufaktur, software ERP adalah hal yang tidak asing lagi. Bagi pelaku industri manufaktur, ERP sama pentingnya dengan sosial media bagi para sosialita, atau game bagi para anak muda.

Apa itu software ERP? Software ERP merupakan kependekan dari Enterprise Resource Planning, yang kurang lebih berfungsi untuk mencatat dan mendata sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk kemudian direncanakan penggunaannya. Software ERP selain untuk mendata dan memudahkan perencanaan, juga akan menjadi alat kontrol bagi para pemegang keputusan agar setiap kebijakan tidak dengan mudah disalah gunakan.

Dalam konteks jenis software yang sering digunakan perusahaan lainnya (tidak hanya manufaktur), selain ERP, ada pula software HRMS (Human Resource Management System) dan software accounting. Namun bisa dibilang, software ERP adalah software yang paling komprehensif dalam menyediakan fungsi untuk digunakan oleh perusahaan manufakturing dan industri besar lainnya.

Di dalam software ERP ada beberapa proses bisnis yang dioptimalkan fungsinya. Beberapa proses bisnis itu adalah: SCM (Supply Chain Management) yang meliputi Purchasing, Sales, Marketing, dll. Lalu juga ada Cost Control yang melibatkan inventory, purchasing, dan tentu saja finance dan accounting. Kemudian ada juga Inventory Turnover yang mengoptimalisasi perputaran barang di gudang sehingga barang selalu ada, tapi stocknya tidak menggunung (inventory level). CRM (Customer Relationship Management) yang memastikan hubungan perusahaan dengan customer  dan distributor (melalui penyebaran ring area yang tepat) dapat tetap terjalin baik juga terdapat dalam software ERP. Selain fungsi-fungsi besar itu, ada pula fungsi-fungsi lain seperti produksi, HRD, bussines partner, dan lain-lain juga dapat digunakan dalam software ERP.

Tantangan besar yang diterima software ERP adalah pada kecepatan data. Pasalnya, data yang akan diolah di dalam sebuah software ERP bisa mencapai trilyunan dan diakses oleh puluhan bahkan ratusan komputer dalam satu waktu. Tentu saja, kecepatan akses data menjadi faktor penting dalam penentuan performa sebuah software.

Bagaimana dengan user interface atau tampilannya? Well, bisa dibilang user interface bukanlah faktor paling penting dalam sebuah software ERP. Asal tahu saja, market leader dari software ERP saat ini menggunakan user interface yang akan ditertawakan oleh developer muda yang senang berimprovisasi dalam design software. Tapi soal fungsi, jangan ditanyakan lagi. Ada ribuan fungsi yang sangat bermanfaat bagi para user dalam satu software ERP.

Beberapa software ERP yang ada di dunia adalah SAP, Oracle, Microsoft Dynamic, dan salah satu software asal Indonesia: Run System.

Application Consultant di RUN SYSTEM. Untuk ngobrol dengannya, sapa dia di akun twitternya: @agfianmuntaha.
Facebook Comments

8 thoughts on “Tentang Software ERP (Enterprise Resource Planning)

  1. tapi gampang ga di pakenya software erp ini? lalu apakah bisa digunakan untuk perusahaan lainnya? memang sistem lisensinya kaya gmn? kok bisa digunakan di banyak komputer gtu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *